Pengalaman Internship

ekovegeance
3 min readJul 13, 2023

πŸŽ“ Pengalaman Internship di Startup SAAS PT. Loko Sistem Terintegrasi

Saya telah memiliki kesempatan untuk menjalani Internship di PT. Loko Sistem Terintegrasi, sebuah startup yang fokus pada pengembangan solusi perangkat lunak berbasis cloud. Salah satu proyek yang saya ikuti selama Internship adalah pengembangan sistem informasi kampus berbasis cloud. Dalam artikel blog ini, saya akan berbagi pengalaman dan pembelajaran yang saya dapatkan selama Internship di PT. Loko Sistem Terintegrasi.

🏒 Mengenal PT. Loko Sistem Terintegrasi:

PT. Loko Sistem Terintegrasi adalah perusahaan teknologi informasi yang berfokus pada pengembangan solusi perangkat lunak sebagai layanan (Software as a Service/SAAS). Mereka telah berhasil meluncurkan beberapa produk yang digunakan oleh berbagai lembaga pendidikan, termasuk sistem informasi kampus berbasis cloud yang menjadi fokus proyek Internship Saya.

βœ‹ Awal Internship:

Pada awal Internship, saya diberikan tugas untuk Mengembangkan Skodi (Sekolah Koding Indonesia) setelah beberapa bulan tim kami dipindahkan ke projek Sistem Informasi Campus. Saya bekerja dalam sebuah tim yang terdiri dari pengembang perangkat lunak, desainer antarmuka pengguna, dan manajer proyek. Kami berkolaborasi untuk mengidentifikasi kebutuhan dan menciptakan solusi yang tepat.

☁️ Pengembangan Berbasis Cloud:

Salah satu aspek menarik dari proyek ini adalah penggunaan teknologi cloud untuk menyimpan dan mengelola data kampus. Sebagai mahasiswa teknik informatika, saya sudah memiliki pengetahuan tentang konsep cloud computing, tetapi Internship ini memberi saya kesempatan untuk menerapkannya dalam proyek yang nyata. Kami menggunakan layanan cloud populer untuk membangun infrastruktur yang skalabel dan aman.

πŸ“’ Penerapan Fitur-Fitur Kampus:

Sistem informasi kampus yang kami kembangkan memiliki fitur-fitur penting, seperti manajemen data mahasiswa, jadwal kuliah, penilaian, dan laporan akademik. Saya terlibat dalam mengembangkan beberapa fitur ini dengan menggunakan berbagai teknologi terkini, seperti pemrograman web berbasis framework dan basis data relasional.

πŸš€ Kerja Tim dan Kolaborasi:

Selama Internship, saya belajar betapa pentingnya kerja tim dan kolaborasi dalam pengembangan perangkat lunak. Saya diajarkan untuk menggunakan alat kolaborasi, seperti Git untuk mengelola kode sumber dan Trello untuk melacak progres proyek. Kami juga sering melakukan pertemuan proyek dan diskusi tim untuk berbagi ide dan mengatasi hambatan yang mungkin muncul.

πŸ“š Pembelajaran dan Pengembangan Pribadi:

Internship ini bukan hanya tentang pengembangan perangkat lunak, tetapi juga tentang pengembangan diri. Saya belajar tentang manajemen proyek, menghadapi tantangan teknis, dan beradaptasi dengan perubahan kebutuhan pengguna. Selain itu, saya juga meningkatkan keterampilan komunikasi dan kerja tim, yang sangat berharga dalam dunia profesional.

πŸ““ Kesimpulan:

Internship di PT. Loko Sistem Terintegrasi membuka mata saya terhadap dunia pengembangan perangkat lunak dan memberikan pengalaman berharga dalam mengembangkan sistem informasi kampus berbasis cloud. Saya sangat berterima kasih kepada tim yang telah memberi kesempatan kepada saya untuk berkontribusi dan belajar. Pengalaman ini tidak hanya meningkatkan keterampilan teknis saya, tetapi juga membantu saya dalam pengembangan pribadi. Saya yakin pengalaman ini akan menjadi modal berharga dalam karir saya ke depannya. Saya sangat berterima kasih juga kepada Bapak Ahmad Mutakin Bakti, S.Kom., M.M., M.Kom. selaku CEO PT. Loko Sistem Terintegrasi , Semoga kedepannya kita dapat berkolaborasi lagi.

Β© ekovegeance.RSS

Originally published at https://blog.ekovegeance.com on July 13, 2023.

--

--

ekovegeance

Software engineering, IT enthusiastic, Programmer. Contact me : me@ekovegeance.com